Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA)
Vol. 3 No. 1 (2023): Juli 2023

Kebijakan dan Strategi Pengembangan IPTEK dalam Pendidikan

Arjul, Muhammad (Unknown)
Madhakomala, R (Unknown)
Rugaiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seperti apa kebijakan IPTEK Indonesia, strategi apa yang dikembangkan, apa saja problem utama IPTEK nasional kita, serta apa solusi yang tepat. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriprif dan menelisik kebijakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) Indonesia, dimulai dari strategi yang dikembangkan, problem utama IPTEK nasional, dan solusinya. Dinamika kebijakan IPTEK dan inovasi Indonesia bertranformasi dalam lima era, pertama adalah era peletak dasar dan perintis sistem IPTEK dan inovasi (1945-1966), kedua adalah era pengembangan proyek industri strategis nasional (1966-1998), ketiga adalah era penataan kembali sistem nasional penelitian, pengembangan, dan penerapan IPTEK (1998-2004), keempat adalah era membangkitkan sistem inovasi nasional (2004-2014), hingga era kelima yakniintegrasi sistem nasional riset dan inovasi (2015-2024). Pada era kelima ini, dibentuk Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dengan berbagai kebijakan dan langkah strategis, dengan harapan dapat mengejar ketertinggalan sekaligus menjawab berbagai problema utama yang ada. Adapun hasil temuan adalah pengembangan IPTEK Nasional harus dilihat secara holistik, mulai dari SDM, infrastruktur, tata kelola, anggaran, kebijakan, ekosistem penelitian dan inovasi, dan kesiapan dalam knowledge base economy Beberapa langkah solutif pun ditempuh. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa penguatan peran IPTEK membutuhkan komitmen jangka panjang dengan alokasi sumber daya memadai karena tanpa dukungan kelembagaan IPTEK yang baik dan berkualitas, beberapa problem IPTEK yang dihadapi Indonesia akan sulit diselesaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EDUKARYA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukarya mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: Inovasi Belajar dan Pembelajaran di SD Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di SD Kompetensi Pendidik di SD ...