Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA)
Vol. 3 No. 1 (2023): Juli 2023

Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Perspektif Neurosains: Tinjauan Sistematis Dan Meta Analisis

Sai’in (Unknown)
Rugaiyah (Unknown)
Madhakomala, R (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan sistematis dari literatur yang membahas mengenai kompetensi pedagogik guru dalam perspektif neurosains. Tinjauan sistematis dilakukan untuk memperdalam pengetahuan, mengetahui hasil penelitian terdahulu, dan memperjelas masalah penelitian dalam konteks kompetensi pedagogik. Guru dalam proses pembelajaran belum secara menyeluruh menggunakan pendekatan Neurosains. Tinjauan sistematis dilakukan dengan menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA). PRISMA membantu para penulis dan peneliti dalam menyusun sebuah systematic review dimana berisikan panduan item apa saja yang harus ada dalam sebuah artikel. Literatur yang dikumpulkan berasal dari artikel yang terbit pada tahun 2018 sampai dengan 2023. Berdasarkan hasil dari membaca keseluruhan isi teks, terdapat 19 yang dijadikan sebagai artikel terpilih. Penelitian ini berusaha melakukan studi literatur mengenai kompetensi pedagogik guru dalam perspektif neurosains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EDUKARYA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukarya mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: Inovasi Belajar dan Pembelajaran di SD Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di SD Kompetensi Pendidik di SD ...