Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA)
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MINDFULNESS UNTUK PENGEMBANGAN ETIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Krismayanti, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis mindfulness untuk pengembangan etika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian literature research yang melibatkan studi dan analisis terhadap berbagai literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness memiliki potensi besar dalam pengembangan etika siswa sekolah dasar. Penerapan model pembelajaran berbasis mindfulness dapat membantu siswa meningkatkan kesadaran diri, regulasi emosi, empati, dan tanggung jawab. Beberapa contoh aktivitas pembelajaran berbasis mindfulness yang dapat diterapkan antara lain: latihan pernapasan dan relaksasi, meditasi dengan panduan, mindful walking dan eating, serta diskusi dan refleksi. Penelitian ini memberikan panduan bagi guru dan praktisi pendidikan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis mindfulness.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EDUKARYA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukarya mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: Inovasi Belajar dan Pembelajaran di SD Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di SD Kompetensi Pendidik di SD ...