Jurnal Grafis
Vol 3, No 1 (2024): Jurnal Grafis Volume 3, Nomor 1

APLIKASI RUANG GANTI PAKAIAN VIRTUAL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER

Hidayatullah, Syahied (Unknown)
Parman, Suhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Dengan melihat perkembangan teknologi saat ini terutama dalam teknologi Augmented Reality, penulis tertarik untuk membuat sebuah aplikasi ruang ganti virtual menggunakan teknologi ini. Dengan adanya aplikasi ini penulis diharapkan dapat mempermudah aktivitas sehari-hari terutama dibidang fashion. Hasil dari aplikasi ini adalah mempermudah media promosi penjual dan mempermudah pembeli dalam mencoba pakaian yang dipromosikan dengan menampilkan objek 3D pakaian pada layar smartphone android. Objek 3D pakaian ini dapat digeser maupun diubah ukurannya. Pada aplikasi ini, penulis menggunakan metode Marker Based Tracking, yaitu menggunakan media tambahan berupa gambar yang disebut marker. Marker tersebut akan dideteksi oleh kamera kemudian akan menampilkan objek 3D. Penulis menggunakan aplikasi Unity 3D dan SDK Vuforia dengan bahasa pemrograman yang dipakai adalah C#. Aplikasi ini masih bisa dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih bagus lagi seperti penambahan motion detection agar objek 3D pakaian dapat mengikuti gerakan tubuh penggunanya, penambahan objek 3D pakaian lainnya, seperti pakaian one-piece, celana, bahkan topi. Penulis berharap aplikasi ini dapat berkembang lebih dari apa yang telah dibuat oleh penulis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalgrafis

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal GRAFIS adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan serta dikelolan Program Studi Desain Komunikasi Visual dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Grafis menerbitkan makalah asli, makalah review, kerangka ...