cover
Contact Name
Rifqi Fahrudin
Contact Email
rifqi.fahrudin@cic.ac.id
Phone
+6282119976155
Journal Mail Official
rifqi.fahrudin@cic.ac.id
Editorial Address
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418 Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Grafis
ISSN : 28303555     EISSN : -     DOI : -
Jurnal GRAFIS adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan serta dikelolan Program Studi Desain Komunikasi Visual dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Grafis menerbitkan makalah asli, makalah review, kerangka konseptual, model analitis dan simulasi, studi kasus, dan penelitian empiris. Jurnal Grafis bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas perkembangan desain komunikasi visual dan multimedia baik teoritis maupun pragmatis. Jurnal Grafis di terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap bulan Januari dan Juli. Jurnal Grafis menerbitkan artikel ilmiah yang berfokus kepada bidang desain grafis, komunikasi visual, budaya visual, audio visual, desain web, periklanan, fotografi, videografi, animasi, multimedia, dan desain game.
Articles 60 Documents
PERANCANGAN MEDIA FLASHCARD POP-UP BERTEMAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI SEKITAR TK ALAM ISLAM TERPADU FAJAR SHIDIQ Yuni Awalaturrohmah Solihah; Ine Rachmawati; Farel Rifqy Fairuz
Jurnal Grafis Vol 2, No 2 (2024): Jurnal Grafis Volume 2, Nomor 2
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat bantu pembelajaran berupa flashcardpop-up pengenalan hewan dan tumbuhan untuk TK Alam Islam Terpadu Fajar Shidiq di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Saat ini, media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar belum maksimal dalam mengenalkan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar anak-anak. Media pembelajaran yang tersedia lebih banyak mengulas jenis-jenis hewan dan tumbuhan di seluruh dunia, tanpa mempertimbangkan konteks lingkungan sekitar. Akibatnya, kemampuan murid dalam mengamati dan memahami hewan serta tumbuhan terbatas. Melalui penggunaan flashcardpop-up, diharapkan murid dapat lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Flashcard ini akan menampilkan ilustrasi hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar mereka, termasuk tempat tinggal hewan dan jenis tumbuhan. Metode pembelajaran yang dipakai di TK Alam Islam Terpadu Fajar Shidiq adalah ceramah dan diskusi. Flashcardpop-up ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dengan cara membawa materi hewan dan tumbuhan yang menarik dan mudah dipahami oleh murid. Setelah itu, guru dapat melakukan diskusi dengan murid tentang hewan dan tumbuhan yang sedang dipelajari. Dengan penggunaan flashcardpop-up ini, diharapkan para guru dapat memberikan ilmu yang lebih maksimal dan memperluas pengetahuan murid tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan terdekat. Flashcardpop-up akan menjadi media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi murid usia 4-6 tahun.
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI QIA TRANS UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS Verra Dewi; Ine Rachmawati; Dzulfiqar Fickri Rosyid
Jurnal Grafis Vol 3, No 2 (2025): Jurnal Grafis Volume 3, Nomor 2
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Qia Trans merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa yaitu persewaan mobil di Kota Cirebon yang didirikan pada tahun 2019 yang memberikan solusi transportasi meliputi persewaan mobil dan paket liburan maka dari itulah didirikannya Qia Trans dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan konsumen dalam segi transportasi. Promosi yang dilakukan Qia Trans selama ini hanya melalui Facebook, Whatsapp dan selebihnya hanya promosi dari mulut ke mulut, tetapi promosi yang dilakukan dirasa kurang karena kurangnya perhatian pada media sosial yang dipakai, sehingga promosi online akan kurang efektif dalam menarik perhatian pengguna. Sedangkan promosi dari Mulut ke mulut sering kali terbatas pada lingkaran sosial tertentu. Salah satu metode pemasaran yang sudah cukup familiar yaitu metode pemasaran terpadu atau bisa disebut Integrated Marketing Communication (IMC). Tujuan perancangan ini adalah untuk memperkuat brand image Qia Trans agar meningkatkan awareness masyarakat. Perancangan ini akan memanfaatkan media berbasis internet yang didukung media offline seperti promosi yang dilakukan di media sosial serta media cetak agar mencapai tujuan perancangan yaitu untuk merancang Integrated Marketing Communication (IMC) untuk meningkatkan brand awareness.
PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BERBASIS ANIMASI 2D PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “STOP BULLYING” Fayshal Umar; Prasetyo Wibowo Yunanto; Vina Oktaviani
Jurnal Grafis Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Grafis Volume 2, Nomor 1
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dan negara. Namun dalam pelaksanaannya, pendidikan di Indonesia tak luput dari berbagai masalah. Salah satunya adalah masalah bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media digital berbasis animasi 2D yang mampu mengedukasi peserta didik tentang bullying. Penelitian ini menggunakan metode Research Development dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Digital Berbasis Animasi 2D Pada Iklan Layanan Masyarakat “Stop Bullying” telah berhasil dikembangkan sebagai media edukasi seputar bullying dan mendapatkan skor 85.87%, yakni Sangat Layak menurut tabel persentase Arikunto (2009) untuk digunakan dan disebarluaskan.
ANALISIS SWOT PERANCANGAN BRAND DAN KEMASAN MAXIMEN SESUAI ATURAN BPOM Taufiq - Annas
Jurnal Grafis Vol 3, No 1 (2024): Jurnal Grafis Volume 3, Nomor 1
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Abstrak Brand merupakan elemen terpenting bagi sebuah produk agar bisa dikenali oleh audiens dan juga memiliki faktor pembeda diantara kompetitor yang ada. Tetapi di era sekarang, mendesain brand saja tidak cukup. Perlu memikirkan tentang perijinan produk yang mengikuti aturan yang ada. Dalam penelitian ini dijelaskan tahap tahap mendesain sebuah brand tetapi fokus utamanya adalah kepada proses mendesain nama yang bisa diterima oleh dirjen HKI dan juga mendesain kemasan sesuai aturan BPOM. Terdapat dokumentasi proses revisi desain yang mengikuti aturan BPOM dan juga tahap sebelum mendesain yaitu melakukan analisis SWOT dan Matriks SWOT. Hal ini perlu dilakukan agar desain yang dibuat dapat diterima perijinannya dan tujuan dari produk dibuat yaitu agar bisa mengikuti aturan untuk dapat diedarkan di masyarakat. Kata Kunci: brand, nama produk, logo, kemasan, kemasan sesuai BPOM, analisis SWOT, Matriks SWOT ABSTRACTBrand is the most important element for a product so that it can be recognized by the audience and also has a differentiating factor among existing competitors. But in this era, designing a brand alone is not enough. You need to think about licensing products that follow existing regulations. In this research, the stages of designing a brand are explained, but the main focus is on the process of designing a name that can be accepted by the Director General of Intellectual Property Rights and also designing packaging according to BPOM regulations. There is documentation of the design revision process which follows BPOM rules and also the pre-design stage, namely carrying out a SWOT analysis and SWOT Matrix. This needs to be done so that the design created can be accepted for licensing and the purpose of the product is so that it can follow the rules so that it can be circulated in the market. Keywords: brand, product name, logo, packaging, packaging according to BPOM, SWOT analysis, SWOT matrix  
PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR Reza Nurfauzan; Dewi Iriani; Abdun Wijaya
Jurnal Grafis Vol 1, No 2 (2023): Jurnal Grafis Volume 1, Nomor 2
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permainan tradisional adalah suatu hasil budaya masyarakat yang telah tumbuh dan hidup hingga sekarang, permainan peninggalan nenek moyang yang dilakukan dengan suka rela di mana permainan tersebut dimainkan menggunakan bahasa maupun ciri khas dari daerah tertentu yang harus dilestarikan guna memperkuat jati diri bangsa. Permainan tradisional menjadikan orang bersifat terampil, cekatan, tangkas, dan lain sebagainya serta memiliki manfaat bagi anak. Permainan tradisional sangat populer sebelum teknologi sangat mempengaruhi Indonesia. Ketika teknologi sudah berkembang, permainan tradisional yang dahulu sering dimainkan oleh anak-anak kini mulai ditinggalkan. Perancangan buku ilustrasi permainan tradisional ini bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak sekolah dasar sebagai daftar permainan yang bisa dimainkan serta sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam perancangan ini, banyak menggunakan teori-teori seperti teori ilustrasi, teori psikologis anak, teori media pembelajaran anak, desain komunikasi visual, tata letak (layout), dan warna. Metode perancangan yang digunakan adalah model ASSURE, dengan salah satu kelebihannya yaitu mengedepankan pembelajar, dan mengutamakan partisipasi pembelajar. Hasil dari rancangan ini berupa buku ilustrasi mengenai beberapa permainan tradisional yang disajikan dengan visual bergaya kartun dan juga penambahan cara bagaimana melakukan permainannya untuk mempermudah pemahaman pembaca dan mudah membayangkan seperti apa permainan tersebut dengan visual yang ada.
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK BENDA LANGIT UNTUK TK AL-IKHLAS PERBUTULAN Ine Rachmawati; Viar Dwi Kartika; Nia Aghniyatul Ilmi
Jurnal Grafis Vol 2, No 2 (2024): Jurnal Grafis Volume 2, Nomor 2
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang unik dan memiliki karakteristik sesuai dengan tahapan usianya. Salah satu TK yang terdapat di Kabupaten Cirebon yaitu TK Al-Ikhlas Perbutulan. Institusi ini baru  menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka pada awal tahun 2023, setelah melakukan wawancara dan observasi terdapat kurangnya media pembelajaran untuk tema “Imajinasiku” pada subtema “Benda Langit”. Pada media pembelajaran sebelumnya menggunakan media mengerjakan LKA (Lembar Kerja Anak) dan menonton dari youtube menggunakan proyektor akan tetapi persediaan proyektor hanya ada satu di TK Al-Ikhlas, bila hanya menonton saja peserta didik kurang berinteraksi langsung dengan pembelajaran yang diterangkan. Setelah melakukan angket kepada seluruh guru TK Al-Ikhlas maka dipilihlah media pembelajaran Busy Book yang diharapkan dapat membantu peserta didik lebih interaktif, lebih fokus, dan memancing daya berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode model ADDIE yang meliputi meliputi lima tahapan, yakni analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data dimulai dari wawancara, observasi, angket dan kepustakaan. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka di rancanglah media pembelajaran Busy Book yang terbuat dari kain flannel dengan menyesuaikan capaian pembelajaran pada tingkat usia 5-6 tahun pada kurikulum merdeka.
Buku Saku Ilustrasi dengan Gaya Semi-Realis Mengenai Panduan Berpakaian untuk Perempuan dengan Masalah Bentuk dan Berat Tubuh Lelly Tristianti; Singgih Dani Kusuma; Agus Sevtiana
Jurnal Grafis Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Grafis Volume 1, Nomor 1
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perempuan sering sekali merasa tidak percaya diri dengan bentuk dan berat tubuh yang dimiliki khususnya perempuan yang bertubuh gemuk. Ketidak percayaan diri ini salah satunya ialah kebingungan mengkombinasikan pakaian yang akan dikenaka. Dengan konsep dari perancangan ini adalah buku saku ilustrasi mengenai panduan berpakaian untuk perempuan dengan bentuk dan berat tubuh yang dikemas melalui pendekatan ilustrasi bergaya semi-realis menggunakan teknik pewarnaan cel shaded dengan metode kualitatif dengan data primer dan sekunder berupa analisis 5W1H. Buku saku ini bertujuan untuk menjawab berbagai pertanyaan dari perempuan khusus nya dengan masalah bentuk dan berat tubuh mengenai panduan berpakaian yang tepat dan memberikan referensi visual agar terlihat lebih ramping dan percaya diri khususnya untuk perempuan dengan masalah bentuk dan berat tubuh. Perempuan di Kota Cirebon dengan usia 16-25 tahun berdasarkan data yang didapatkan dari hasil observasi dan kuisioner yang telah disebar ke wilayah Kota Cirebon bahwa penampilan merupakan hal yang penting dalam meningjkatkan rasa percaya diri, namun hal ini juga menjadi kebingungan dalam memadupadankan pakaian khususnya bagi perempuan bertubuh gemuk. Umumnya perempuan sering kali merasa tidak mengetahui bentuk tubuhnya dan mengalami kebingungan dalam mengkombinasikan busana serta merasa tidak percaya diri dengan berat tubuh yang dimiliki. Dengan adanya penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa memerlukan referensi visual yang tepat untuk membantu perempuan, khususnya dengan masalah bentuk dan berat tubuh dalam menyarankan panduan berpakaian yang tepat sehingga membuat tubuh tampak ramping dan percaya diri
PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE ECO STRAW DARI PATI JAGUNG MENGGUNAKAN METODE PEMASARAN TERINTEGRASI Nabilla Ayunissa Rachmaniar; Ine Rachmawati; A Sobi Mutohari; Kusnadi Kusnadi
Jurnal Grafis Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Grafis Volume 2, Nomor 1
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanasan global dan perubahan iklim terjadi bukan hanya karena manusia melakukan penebangan hutan, mengurangi lahan hijau dan membangun Gedung- gedung tinggi, tetapi juga pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah pencemaran yang berasal dari sedotan plastik. Berbagai komunitas telah melakukan kampanye pengurangan penggunaan produk sedotan plastik sekali pakai,  . Perancangan konten Instagram sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik memiliki tujuan untuk memberikan informasi bagaimana proses perancanganan hingga penempatan konten kreatif tersebut sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik kepada masyarakat. Penulis memakai metode pengumpulan data, kemudian metode analisis Integrated Marketing Communications (IMC) yang berisi analisis data SWOT menggunakan langkah analisis dengan mengkaji hal atau gagasan yang akan dinilai, dengan cara memilah dari segi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat). Kemudian menganalisis Unique Selling Proposition (USP), yaitu keunikan yang membedakan produk Sedotan pati jagung dari sedotan ramah lingkungan sejenis lainnya. Selanjutnya penulis melakukan perancangan media konten di instagram berupa infografis, video reels, poster dan X-banner.
PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE OKSIGEN COFFEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI Muhammad Azmansyah; Victor Asih; Tiara Khodijah; Suhadi Parman
Jurnal Grafis Vol 3, No 2 (2025): Jurnal Grafis Volume 3, Nomor 2
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Oksigen Coffee merupakan coffee shop yang tergolong memiliki pertumbuhan yang pesat, sejak didirikan pada tahun 2020 kini pada tahun 2024 kafe ini sudah menambah cabang barunya pada kota lain yaitu Indramayu. Kafe ini juga memiliki mesin untuk mengolah biji kopinya sendiri bahkan sudah menjual biji kopi ini secara online dan offline. Dengan pesatnya perkembangan ini Oksigen kopi masih belum memiliki video company profile sehingga sulit untuk memberitahukan pada masyarakat luas mengenai informasi yang ada pada oksigen. Pada perancangan ini penulis menggunakan metode Villamil Molina yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Development, Pre-Production, Production, Post Production and Delivery. Dalam pembuatan video company profile penulis menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CC 2020. Hasil dari penelitian ini dalam pengujian Alfa dan Beta pada tahapan metode Villamil Molina bahwa video company profile sudah layak dipublikasikan dan teruji baik dari visual mapun audionya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan video company profile agar Oksigen Coffee memiliki visualisasi video perusahaannya sebagai sarana promosi dan memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat mengenai Oksigen baik dari tempat dan bisnisnya.
PERANCANGAN SIGN SYSTEM DI YAYASAN PONDOK PESANTREN AL ISHLAH Moh Syahid Alfatah; Haidar Maulana Ghathfan; Tiara Khodijah; Ine Rachmawati
Jurnal Grafis Vol 3, No 1 (2024): Jurnal Grafis Volume 3, Nomor 1
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sign system adalah alat penanda yang digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi, seperti larangan, anjuran, aturan, dan petunjuk arah (Ramadia, 2017). Alat ini dapat berupa tanda, gambar, atau bentuk visual lainnya, yang bertujuan untuk membantu orang-orang di sekitarnya dalam memperoleh informasi. Sign system sering ditemui di berbagai tempat, termasuk sekolah, lembaga masyarakat, tempat wisata, kota, dan taman. Di lingkungan pendidikan, seperti sekolah, sign system menjadi sangat penting karena tidak hanya berfungsi sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai fasilitas yang menunjukkan modernitas, informatika, dan adaptabilitas sekolah.Yayasan Pondok Pesantren Al-Ishlah Tajug, yang berdiri sejak 1 Juli 2001, telah mengalami perkembangan signifikan dalam hal jumlah santri, penambahan fasilitas, serta pengembangan lembaga pendidikan baru seperti SMP, SMA, SDIT, dan TK. Semua lembaga pendidikan tersebut terintegrasi dalam sistem pendidikan berbasis Islam yang disebut Madaris At-Tarbiyah Al-Islamiyah (MTI). Seiring dengan perkembangan ini, terdapat kebutuhan akan sign system yang dapat memberikan arahan yang jelas dan memudahkan para santri, wali santri, dan pengunjung dalam menemukan lokasi ruangan di kompleks pendidikan tersebut.Saat ini, sign system di Yayasan Pondok Pesantren Al-Ishlah sudah tidak layak digunakan, terutama di gedung-gedung baru yang belum dilengkapi dengan penanda yang memadai. Kondisi ini menyulitkan orang-orang dalam mencari ruangan yang mereka tuju. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan ulang sign system yang dapat diaplikasikan di seluruh gedung, baik yang lama maupun yang baru. Desain ulang ini bertujuan untuk memperbaharui sign system yang ada agar lebih fungsional dan relevan dengan kebutuhan saat ini, serta untuk mempermudah navigasi bagi semua pengunjung. Perancangan ini akan menggunakan metode Design Thinking.