Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menjelaskan Sistem Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Insan Qur’ani, sebuah lembaga pendidikan yang berkomitmen pada pengembangan potensi siswa secara holistik, mencakup aspek akademis dan moral. Dalam konteks ini, sistem pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik memainkan peran penting dalam membentuk kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan langkah-langkah dan prinsip-prinsip dasar yang menjadi landasan sistem pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik di MTsS Insan Qur’ani. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak terkait, tinjauan dokumen, serta observasi langsung terhadap proses pelatihan dan pengembangan yang dilakukan oleh lembaga. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi kebijakan, strategi, dan prosedur yang digunakan dalam pengelolaan SDM di lembaga pendidikan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTsS Insan Qur’ani mengimplementasikan pendekatan holistik dalam pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik. Evaluasi ini mempertimbangkan tidak hanya aspek keahlian akademis, tetapi juga nilai-nilai keislaman, etika profesi, dan kemampuan interpersonal. Proses pelatihan dan pengembangan ini diarahkan untuk memastikan bahwa setiap tenaga pendidik memiliki kinerja yang mumpuni dan selaras dengan visi serta misi lembaga.
Copyrights © 2024