Grab Kids: Journal of Special Education Need
Vol. 1 No. 2 (2021)

Pengembangan Panduan Parenting Berbasis Android Untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal Anak Spektrum Autis

Aris Taufiqur Rohman (Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)
Sri Joeda Andajani (Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)
Endang Pudjiastuti Sartinah (Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan berkomunikasi verbal anak autis dalam kehidupan sehari-hari dan kurangnya pemahaman orangtua tentang cara mengajarkan komunikasi verbal tersebut, menjadi kendala perkembangan berkomunikasi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan parenting berbasis android bagi orangtua dalam mengajarkan komunikasi verbal pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap pengembangan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga belum memungkinkan untuk dilakukan penyebaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan parenting berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan sehingga layak digunakan. Aspek kevalidan ditunjukkan hasil validasi media sebesar 77%, dan hasil validasi materi sebesar 78,6%. Berdasarkan nilai uji validitas dapat diinterpretasikan bahwa panduan parenting berbasis android untuk meningkatkan komunikasi verbal anak spektrum autis valid untuk diimplementasikan secara terbatas dan di evaluasi kembali.   Kata Kunci: Parenting, Android, Komunikasi, Anak Autis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

grabkids

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

About the Journal EditEdit About the Journal Aim and Scope GRAB KIDS: Journal of Special Education Need provides a diverse group of professionals with a peer-reviewed international platform for publishing original work in the field of special education. The journal welcomes research articles, as ...