cover
Contact Name
Khofidotur Rofiah
Contact Email
khofidoturrofiah@unesa.ac.id
Phone
+6283155934249
Journal Mail Official
khofidoturrofiah@unesa.ac.id
Editorial Address
https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/about/editorialTeam
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Grab Kids: Journal of Special Education Need
ISSN : -     EISSN : 27768767     DOI : https://doi.org/10.26740/grabkids.v5i1
Core Subject : Education, Social,
About the Journal EditEdit About the Journal Aim and Scope GRAB KIDS: Journal of Special Education Need provides a diverse group of professionals with a peer-reviewed international platform for publishing original work in the field of special education. The journal welcomes research articles, as well as theoretical and review papers, from contributors worldwide. Authors are encouraged to submit research findings, historical and philosophical analyses, and evidence-based studies highlighting the effectiveness of innovative practices in special education.
Articles 54 Documents
Media Audible Ball Elektrik Untuk Meningkatkan Efektivitas Dalam Bermain Sepak Bola Pada Siswa Tunanetra Muhammad Aziz Avivudin; Sri Joeda Andajani; Murtadlo Murtadlo
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i1.12136

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fasilitas pembelajaran sepak bola dengan fasilitas bola sepak bersuara yang kurang memadai bagi siswa tunanetra dan perlu mendapat perhatian lebih. Siswa tunanetra sebenarnya telah menggunakan media suara pada bola tersebut, namun suara yang dihasilkan oleh bola tersebut masih sangat terbatas, bola baru akan berbunyi atau mengeluarkan suara jika bola sedang bergerak. Jika bola diam atau tidak ada gerakan, bola tidak akan mengeluarkan suara. Untuk itu diperlukan solusi membuat bola khusus tunanetra yang dapat berbunyi dalam posisi diam atau tanpa digerakkan sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa tunanetra untuk bergerak atau bermain dengan bola tersebut. Dengan dukungan teknologi akan memberikan dukungan kepada tujuan guru untuk memotivasi semua siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk audible ball elektrik untuk meningkatkan efektivitas dalam bermain sepak bola siswa tunanetra yang teruji kelayakannya dari aspek kevalidannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan uji validitas dari beberapa ahli diperoleh hasil: (1) ahli media 93%, (2) ahli materi pendidikan khusus 95%, (3) ahli olahraga 79%. Kevalidan media sangat tinggi, artinya media bola audibel elctronic sangat layak digunakan dalam program pembelajaran olahraga siswa tunanetra. Kata Kunci: Bola berbunyi, permainan sepak bola, tunanetra
Media Video Pembelajaran Materi Perubahan Cuaca Dalam Learning Management System Berbasis Web Bagi Siswa Tunarungu Alfiana Firdausi; Endang Purbaningrum; Murtadlo Murtadlo
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i1.12138

Abstract

Siswa tunarungu sering mengalami penurunan minat belajar ketika pembelajaran bersifat verbal karena karakteristik belajarnya visual. Sebab itu diperlukan media yang dapat memvisualisasikan pembelajaran. Video pembelajaran dengan Learning Management System (LMS) berbasis web sesuai kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran materi perubahan cuaca dengan LMS berbasis Web bagi siswa tunarungu. Pendekatan penelitian pengembangan (R&D), dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluate) digunakan karena berupaya menghasilkan produk tertentu, dan menguji kelayakan produk tersebut. Hasilnya, Video perubahan cuaca dengan LMS berbasis WEB yang dapat diakses di laman www.media.tunarungu.com nilai tervalidasi ahli media 97,72%, tervalidasi ahli materi 91,6%, tervalidasi ahli Pendidikan Luar Biasa 78,26%. Dapat disimpulkan bahwa Learning Management System Berbasis WEB Materi Perubahan Cuaca Bagi Siswa Tunarungu dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan pada guru memperoleh prosentase nilai 74% termasuk kategori baik. Uji keefektifan praktik penggunaan produk oleh siswa dengan uji gain diperoleh hasil 0,6 yang menunjukkan bahwa keefektifan media video dengan LMS berbasis WEB efektif pada tahapan pembelajaran. Kata Kunci: Video, LMS, WEB, Tunarungu, Cuaca
Penggunaan Media Berbasis Internet Untuk Meningkatan Skills E-Conseling Mahasiswa Ana Rafikayati
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i1.12139

Abstract

Perkembangan TIK selain berdampak pada gaya hidup manusia juga pada layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling kini dapat dilaksanakan secara online. Layanan konseling jarak jauh ini dikenal dengan e-counseling. Mengingat topik e-counseling erat kaitannya dengan perangkat komputer dan internet, maka dalam penyampaian kuliahnya, dosen juga harus inovatif dalam memilih media pembelajaran. Media berbasis internet adalah penggunaan internet sebagai media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran yang ada hubungannya dengan TI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan skills e-counseling melalui penggunaan media berbasis internet pada mahasiswa Prodi BK angkatan 2017 UNIPA Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 4 langkah, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pemantauan, dan (4) penilaian. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi BK angkatan 2017 kelas A1 dan A2 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan mahasiswa dan observasi. Tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan penelitian adalah 85%. Hasil menunjukkan bahwa ketuntasan belajar lebih dari atau sama dengan 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa skills e-counseling meningkat melalui penggunaan media berbasis internet pada mahasiswa Prodi BK angkatan 2017 UNIPA Surabaya. Kata Kunci: Media Berbasis Internet, Skills E-counseling
Tutorial Keterampilan Vokasi Tanaman Buah Dalam Pot Dengan Aplikasi Google Drive dan JAWS Bagi Anak Tunanetra Dian Novita Puspito Rini; Asri Wijiastuti; Endang Purbaningrum
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i1.12140

Abstract

Keterampilan vokasi sangat penting bagi siswa tunanetra yang harus siap menghidupi diri sendiri di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari setelah lulus sekolah. Salah satu keterampilan vokasi yang dapat digunakan sehari-hari dan dapat dijual setiap hari dengan modal terjangkau yakni tanaman buah dalam pot (tabulampot). Untuk belajar keterampilan vokasi di era teknologi naktuna netra tidak harus tatap muka langsung, namun dapat belajar di rumah dengan handphone atau laptop. Pembelajaran vokasi bisa diakses dirumah atau di mana saja, sehingga saat di sekolah sudah siap untuk praktik. Langkah-langkah pembuatan tabolampot ini dapat diakses dan diunduh di Google Drive dan disediakan di JAWS. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan model Dick & Carrey. Dihasilkan produk Tutorial Tanaman Buah dalam Pot dengan menggunakan aplikasi Google Drive berorientasi JAWS bagi Siswa tunanetra menunjukkan hasil dengan kategori sangat valid karena memperoleh nilai dari ahli media 82,3%, dari ahli materi memperoleh nilai 93%, dan dari ahli PLB mendapat nilai 82% sehingga layak digunakan. Kata Kunci: Tutorial, tabulampot, Google Drive, JAWS, Keterampilan vokasi, tunanetra
Pengembangan Multimedia Animasi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Tunagrahita Ringan Wahyu Putri Rahma; Mudjito Mudjito; Zaini Sudarto
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i1.12141

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia animasi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa tunagrahita di sekolah yang teruji validitasnya. Kediisiplinan sekolah meliputi hadir tepat waktu, sopan kepada guru, kebersihan kelas, berbaris sebelum masuk kelas, memmakai sepatu dan minta ijin. Metode penelitian pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil analisis menunjukkan dibutuhkan media inovatif untuk mengemas materi kedisiplinan yang menarik yang dapat dipelajari anak tunagrahita berulang-ulang. Uji validitas oleh ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan khusus. Data dikumpulkan dengan instrumen skala likert, teknik analisis data uji kelayakan dengan rumus validitas dan kriteria kelayakan. Perolehan nilai dari ahli media 4.75 (kategori sangat valid), nilai dari ahli materi 4.90 (kategori sangat valid). Nilai dari ahli pendidikan luar biasa 4.56 (kategori sangat valid). Hal ini menunjukkan produk penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran kedisilinan bagi anak tunagrahita. Kata Kunci: pengembangan, animasi multimedia, disiplin, tunagrahita
Pengembangan Panduan Parenting Berbasis Android Untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal Anak Spektrum Autis Aris Taufiqur Rohman; Sri Joeda Andajani; Endang Pudjiastuti Sartinah
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i2.14030

Abstract

Rendahnya kemampuan berkomunikasi verbal anak autis dalam kehidupan sehari-hari dan kurangnya pemahaman orangtua tentang cara mengajarkan komunikasi verbal tersebut, menjadi kendala perkembangan berkomunikasi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan parenting berbasis android bagi orangtua dalam mengajarkan komunikasi verbal pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap pengembangan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga belum memungkinkan untuk dilakukan penyebaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan parenting berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan sehingga layak digunakan. Aspek kevalidan ditunjukkan hasil validasi media sebesar 77%, dan hasil validasi materi sebesar 78,6%. Berdasarkan nilai uji validitas dapat diinterpretasikan bahwa panduan parenting berbasis android untuk meningkatkan komunikasi verbal anak spektrum autis valid untuk diimplementasikan secara terbatas dan di evaluasi kembali.   Kata Kunci: Parenting, Android, Komunikasi, Anak Autis
Pengembangan Instrumen Assesmen Berbasis Literasi Sains Materi Gaya dan Gerak Bagi Siswa SMPLB Tunarungu Rina Dwi Kurniawati; Asri Wijiastuti; Yuliyati Yuliyati
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i2.14350

Abstract

Rendahnya kemampuan berkomunikasi verbal anak autis dalam kehidupan sehari-hari dan kurangnya pemahaman orangtua tentang cara mengajarkan komunikasi verbal tersebut, menjadi kendala perkembangan berkomunikasi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan parenting berbasis android bagi orangtua dalam mengajarkan komunikasi verbal pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap pengembangan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga belum memungkinkan untuk dilakukan penyebaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan parenting berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan sehingga layak digunakan. Aspek kevalidan ditunjukkan hasil validasi media sebesar 77%, dan hasil validasi materi sebesar 78,6%. Berdasarkan nilai uji validitas dapat diinterpretasikan bahwa panduan parenting berbasis android untuk meningkatkan komunikasi verbal anak spektrum autis valid untuk diimplementasikan secara terbatas dan di evaluasi kembali.   Kata Kunci: Parenting, Android, Komunikasi, Anak Autis
Efektifitas Video Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Tunagrahita Ringan Rischa Hudzaimi Zulfah; Asri Wijiastuti; Endang Pudjiastuti Sartinah
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i2.14358

Abstract

Anak tunagrahita mengalami defisit dalam berbagai keterampilan sosial oleh sebab itu pendidik perlu memanfaatkan media untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektifitasmedia video modeling untuk  meningkatan  keterampilan sosial bagi siswa tunagrahita ringan. Metode quasi eksperimental dengan  desain penelitian one group pretest-posttest design digunakan. Subjek penelitian enam siswa tunagrahita ringan berusia 16-17 tahun yang sedang duduk di sekolah menengah atas (SMALB). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data uji wilxocon match pair test. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwahasil post-tes dan hasil kinerja siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil pre-tes yang dilakukan sebelum dilaksanakannya perlakuan.  Hasil analis data menunjukkan bahwa hasil Zhitung = 2,20lebih besar dari  Ztabel = 1,96, artinya penggunaan video modeling efektif untuk meningkatkanketerampilan sosial siswa tunagrahita. Kata Kunci: video modeling,keterampilan sosial, tunagrahita ringan.       
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Orangtua Dalam Intervensi Keterampilan Berbahasa Siswa Tunarungu Aminah Indriyati; Sujarwanto Sujarwanto
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i2.14406

Abstract

Hambatan kemampuan berbahasa siswa tunarungu berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupannya. Pengaruh hambatan tersebut bisa diminimalkan dengan memberikan intervensi keterampilan berbahasa sedini mungkin, dalam hal ini peran orangtua yang paling utama.Namun kenyataannya sebagian besar orangtua belum melakukan intervensi keterampilan berbahasa saat berada di rumah.Terkait kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis aplikasi android bagi orangtua untuk intervensi keterampilan berbahasa siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan meliputi define, design, develop dan disseminatedilaksanakan sampai tahap develop(pengembangan produk). Teknik pengumpulan datanya meliputi data proses pengembangan dengan teknik validasi ahli media dan ahli materi tunarungu. Kualitasdan kelayakanproduk ditentukan dari hasil analisis skor validasi ahli.Hasil dari validator media sebesar 4,2 dan validator materi sebesar 3,85. Setelah  dikonversikan dengan skor kategori kelayakan maka multimedia interaktif berbasis aplikasi android untuk orangtua dalam intervensi keterampilan berbahasa siswa tunarungu termasuk kategori “sangat layak” untuk media dan “layak” untuk materi. Sehingga media ini dapat digunakan orang tua untuk pendampingan intervensi pengembangan keterampilan berbahasa anak tunarungu secara kontinyu agar anak tunarungu dapat menggunakan bahasa lebih efektif di lingkungan rumahnya.   Kata Kunci: intervensi, keterampilan berbahasa, multimedia interaktif, orangtua tunarungu.
Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis Mira Ismaya
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/gkjsen.v1i2.14407

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan interaksi sosial menggangu aktifitas keseharian anak autis. Kemampuan berkomunikasi yang di miliki oleh anak autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo masih terbilang kurang berkembang, bermain peran berbantuan video merupakan suatu cara untuk mengembangkan kemampuan adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan bermain peran berbantuan video untuk meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah 10 anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes perilaku adaptif sebelum dan setelah intervensi bermain peran berbantuan video selama 8 minggu. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran berbantuan video dapat meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Hal ini terlihat dari kemampuan berkomunikasi, termasuk kemampuan memberikan tanggapan saat interaksi sosial, mengalami peningkatan.   Kata Kunci: bermain peran, video, perilaku adaptif, komunikasi, autis