Grab Kids: Journal of Special Education Need
Vol. 1 No. 2 (2021)

Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis

Mira Ismaya (Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan interaksi sosial menggangu aktifitas keseharian anak autis. Kemampuan berkomunikasi yang di miliki oleh anak autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo masih terbilang kurang berkembang, bermain peran berbantuan video merupakan suatu cara untuk mengembangkan kemampuan adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan bermain peran berbantuan video untuk meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah 10 anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes perilaku adaptif sebelum dan setelah intervensi bermain peran berbantuan video selama 8 minggu. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran berbantuan video dapat meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Hal ini terlihat dari kemampuan berkomunikasi, termasuk kemampuan memberikan tanggapan saat interaksi sosial, mengalami peningkatan.   Kata Kunci: bermain peran, video, perilaku adaptif, komunikasi, autis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

grabkids

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

About the Journal EditEdit About the Journal Aim and Scope GRAB KIDS: Journal of Special Education Need provides a diverse group of professionals with a peer-reviewed international platform for publishing original work in the field of special education. The journal welcomes research articles, as ...