Grab Kids: Journal of Special Education Need
Vol. 2 No. 2 (2022)

Pengembangan Media Permainan Edukatif Tebak Gambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunarungu

Riza Mahdalena (Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya)
Sujarwanto Sujarwanto (Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)
I Ketut Budayasa (Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitihan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan permainan edukatif tebak gambar berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunarungu, (2) memperoleh validasi produk pengembangan permainan edukatif tebak gambar berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunarungu. Pengembangan produk ini menggunakan desain model pengembangan Thiagarajan, S, Semmeln,D,S & Semmel M.I (1974) yaitu model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D (define, design dan develop). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket ahli media dan ahli materi. Analisis data menggunakan uji statistik. Uji coba produk pengembangan pada pengguna (siswa tunarungu) belum dapat dilakukan karena kondisi pandemi COVID-19, sehingga untuk mengetahui kelayakan produk pada penelitian ini hanya dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh persentase validasi ahli media sebesar 89,5% termasuk dalam kategori sangat valid, dan validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 77,3% termasuk dalam kategori valid. Kata Kunci: Permainan Edukatif, Membaca, Tunarungu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

grabkids

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

About the Journal EditEdit About the Journal Aim and Scope GRAB KIDS: Journal of Special Education Need provides a diverse group of professionals with a peer-reviewed international platform for publishing original work in the field of special education. The journal welcomes research articles, as ...