Abstrak Saat ini Bangsa Indonesia sedang mengalami krisis karakter dalam diri anak bangsa, rendahnya tersebut dipengaruhi oleh kurangnya tingkat pendidikan karakter yang diterapkan. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Dimana usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang, penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak-anak diharapkan mampu untuk menumbuhkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai dengan tingkat usianya dan menjadi kunci utama membangun karakter anak bangsa. Untuk itu penelitih mengambil judul ”Korelasi Hasil Penerapan Pendidikan Karakter dan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Di Kelompok Bermain Batik Sidoarjo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pendidikan karakter. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis standar tingkat pencapaian perkembangan anak setelah mendapatkan pendidikan karakter yang diterapkan. (3) Mengetahui seberapa besar koefisien korelasi antara hasil penerapan pendidikan karakter dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak di Kelompok Bermain Batik Sidoarjo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Penelitian dilaksanakan di Kelompok Bermain Batik Sidoarjo. Populasi yang diteliti adalah 18 peserta didik KB Batik. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan rumus yang digunakan untuk menganalisis data adalah korelasi, uji signifikan, determinasi, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pendidikan karakter di KB Batik Sidoarjo sudah berjalan dengan cukup baik sesuai dengan rata-rata sebesar 87,611 dengan katagori cukup baik. (2) Standar tingkat pencapaian perkembangan anak setelah mendapatkan pendidikan karakter sudah cukup baik sesuai dengan rata-rata 89.44 dengan katagori cukup baik. (3) Dari perhitungan korelasi adalah sebesar 0.8312 yang masuk dalam kategori sangat kuat korelasinya, dan untuk uji signifikan menunjukkan ttabel < thitung (2,120 < 5,9794), maka Ha dterima. Uji determinasinya sebesar 69,09% variabel Y dipengaruhi variabel X dan sisanya 30,91% dipengaruhi oleh variabel/faktor yang lain. Sedangkan regresinya diperoleh hasil = 25,020 + 0,735 x. Kesimpulan bahwa terdapat korelasi yang positif antara Hasil Penerapan Pendidikan Karakter dan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Abstract Indonesia is facing characters crisis in their youth nowadays. It is caused by the low of character education applied. The qualified character need to made and developed since in the early age. Young age is critical period in creating someone’s characters. Giving moral value through character education since the early age is expected to make the students be able develop their achievement standard based on their age level. This is the key to develop youth characters. Therefore, the researcher has the research title “Correlation Of Application Of Character Based Education And The Development Achievement Level Of The Children At Batik Playgroup Sidoarjo”. This research aims to: (1) Describe and analyze the use of character-based education, (2) Describe and analyze the development level standard of the children after they are given character based education, (3) Find how far the correlation coefficient between of character based education and the development achievement level of the children at Batik playgroup Sidoarjo. This research is quantitative approach by using descriptive correlational method. This research is conducted at Batik playgroup Sidoarjo. The populations of the research are 18 learners at Batik playgroup. The data collecting techniques are questionnaires, observation and documentation, the formula used to analyze the data is correlation, significant test, determination, and regression. The research result shows that (1) The use of character based education at Batik playgroup Sidoarjo runs well based on the average of 87.611 it is in a good enough category. (2) The development achievement level of the children after they are given character based education is good enough based on the average of 89.44 it is in a good enough category. (3) The correlation count for 0.8312 which is included in the category of very strong. The significant test shows t table < t count (2.120 < 5.9794). Therefore, Ha is accepted. The determination test for 69.09% the Y variable is affected by X variable and the rest 30.91% is affected by other variables/factors. The regression gets Y = 25.020 + 0.735 x. Conclusion that there is a positive correlation of character based education and the development achievement level of the children. Keywords: Character Based Education, The Development Achievement Level Of The Children
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015