J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 10 No. 2 (2021): J+PLUS, Desember 2021

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG

Rizqi Amaliyah Nur Fadlilah (Universitas Negeri Surabaya)
Yatim Riyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik paket B di SKB Gudo Kabupaten Jombang. Penelitian ini juga bermanfaat untuk digunakan sebagai masukan kepada pengelola SKB Gudo Jombang untuk meningkatkan efektivitas selama pembelajaran daring serta mengelola pembelajaran daring yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik serta menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan bagi peserta didik untuk meminimalisir rasa bosan selama kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik paket B di SKB Gudo Jombang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengumpulkan data efektivitas pembelajaran daring dan minat belajar, sedangkan untuk mengumpulkan data hasil belajar dengan dokumentasi nilai UTS dan UAS. Analisis data yang digunakan dalam penilitian ini dengan statistik deskriptif dengan rumus mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring dan minat belajar peserta didik pada SKB Gudo Jombang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Terbukti dari hasil rata-rata menunjukkan 3,36 pada efektivitas pembelajaran daring yang berarti pembelajaran daring yang dilakukan sudah efektif dan memberikan perubahan yang positif pada peserta didik dan 3,43 pada minat belajar yang berarti peserta didik sangat berminat dengan adanya pembelajaran daring. Hasil belajar menunjukkan rata-rata dalam kategori tinggi terbukti dari 10 mata pelajaran hanya 1 mata pelajaran yang memiliki rata-rata rendah yaitu Bahasa Inggris dengan rata-rata 68,7.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...