J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 12 No. 2 (2023): J+PLUS, Desember 2023

Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kejar Paket B pada Mata Pelajaran IPS di SPNF SKB Sidoarjo

Imelda Yuke Shasa Maulida (Universitas Negeri Surabaya)
Yatim Riyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Kesibukan yang dialami peserta didik Paket B sehingga pembelajaran dilakukan secara online mengakibatkan turunnya motivasi dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS sehingga dipilihnya media pembelajaran Google Classroom untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Google Classroom terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik Paket B pada mata pelajaran IPS di SPNF SKB Sidoarjo menggunakan metode penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design dengan sampel 23 peserta didik Paket B kelas VIII. Hasil penelitian melalui persentase angket motivasi belajar menunjukkan rata-rata 76.50% berkategori tinggi yang berarti ada pengaruh positif media pembelajaran Google Classroom terhadap motivasi belajar peserta didik Paket B pada mata pelajaran IPS di SPNF SKB Sidoarjo. Hasil data pretest dan posttest melalui Sign Test diperoleh angka 0.000 < 0.05 yang berarti ada pengaruh signifikan media pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar peserta didik Paket B pada mata pelajaran IPS di SPNF SKB Sidoarjo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...