Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Islamic Teaching

Media lingkungan PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM SUKORAMBI JEMBER

khusnulkhovia, khovia khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan Media Lingkungan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember E-mail : khoviakhusnul@gmail.com Kata Kunci : Media Lingkungan, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember lembaga pendidikan yang berada di tengah-tengah pemukiman rakyat dan masih banyak diminati masyarakat, Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Jember merupakan lembaga yang menggunakan media lingkungan dari pada media ICT dikarenakan kekurangan sarana dan prasarana. Media lingkungan digunakan dalam proses pembelajaran untuk membuat siswa tidak bosan ketika ada di sekolah dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru berharap dengan menggunakan media lingkungan siswa bersemangat belajar dan tidak bosan. Dengan menggunakan media lingkungan siswa tidak hanya belajar didalam kelas tetapi juga bisa diluar kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media lingkungan sosial, alam dan buatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nana Sudjana dan Ahmad Rivai dalam mengkaji media lingkungan meliputi: media lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan sedangkan Sadirman dalam mengkaji motivasi belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah Studi kasus. Subyek penelitian ditentukan dengan tehnik purposive. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: data primer dan data sukunder. Tehnik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan tehnik interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil Penelitian yaitu: 1. Pemanfaatan media lingkungan sosial dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu guru memberikan materi terlebih dahulu kemudian mengajak siswa belajar diluar kelas, peserta didik mengamati lingkungan yang ada disekitar sekolah, wawancara kepada masyarakat sekitar tentang jenis usaha pekerjaan dan mata pencaharian masyarakat sekitar dan hasil angket pembelajaran didalam kelas 64,3% dan setelah menggunakan media lingkungan sosial dengan belajar diluar kelas ada peningkatan motivasi menjadi 77,2%. 2. Pemanfaatan media lingkungan alam dalam meningkatkan motivasi siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum kelas lima yaitu guru memberikan materi dan penjelasan terkait ketampakan alam wilayah daratan dan perairan kemudian mengajak siswa belajar diluar kelas dengan melewati daratan yaitu perumahan dan kebun lalu pergi ke persawahan dan sungai, siswa mengamati ketampakan alam wilayah daratan dan wilayah perairan serta mencatat ciri-ciri dari keduanya tersebut dan hasil angket pembelajaran didalam kelas 62,0% dan setelah menggunakan media lingkungan alam dengan belajar diluar kelas ada peningkatan motivasi menjadi 74,9%. 3. Media lingkungan buatan yang dimanfaatkan guru dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu guru mengajak siswa untuk menanam pohon disekitar sekolah yaitu kegiatan penghijauan, siswa mengikuti kegiatan tersebut dengan senang, riang, bergembira dan bersemangat karna belajar diluar kelas dan hasil angket pembelajaran didalam kelas 58,9% dan setelah menggunakan media lingkungan buatan dengan belajar diluar kelas ada peningkatan motivasi menjadi 72,9%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...