Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol 3 No 2 (2020): Indonesian Journal of Islamic Teaching

Pembelajaran Imtak Model Spectrum untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMA

Muis, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Model pembelajaran yang selama ini dilakukan, hanya menitik beratkan pada pengembangan ilmu pengetahuan peserta didik, itupun hanya pada tingkat berfikir dasar. Peserta didik hanya diberikan konsep dan pemahaman melalui model pembelajaran yang monoton. Maka melalui model pembelajaran abad 21 yang menekankan pentingnya nilai karakter, pembudayaan literasi, 4C (creative, collaborative, communicative and critical thinking) dan HOTS (Higher Order Thingking Skill), diharapkan mampu menjadikan peserta didik sebagai manusia yang berkarakter baik, berbudaya, mampu berfikir kritis dan memiliki visi jauh ke depan, membangun masyarakat dengan nilai-nilai adiluhung, serta menjadi manusia Indonesia yang jujur dan toleran. Adapun rumusan masalah dalam proposal penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengembangan pembelajaran IMTAK model Spectrum untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik di SMA?; 2) Seberapa besar pengaruh penggunaan model Spectrum terhadap hasil belajar IMTAK dalam menanamkan nilai karakter kepada peserta didik di SMA?; 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan model Spectrum terhadap sikap spiritual peserta didik dalam pembelajaran IMTAK di SMA?; dan 4) Seberapa besar pengaruh penggunaan model Spectrum terhadap sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran IMTAK di SMA?. Model Spectrum adalah langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran IMTAK (Integritas, Mandiri, Tanggung Jawab, Kreatif) pada mata pelajaran PAI & BP. Spectrum merupakan akronim yang terdiri dari: Simulation, Perfect analyze, Expert solution, Create documenT, Rearrange Utility, and Make it. Langkah pembelajarannya terdiri dari 1) Simulation (Percobaan dan Praktik Lapangan); 2) Perfect Analyze (Analisa Hasil Secara Sempurna); 3) Expert Solution (Solusi Tim Ahli); 4) Create Document (Menyusun Laporan Utuh); 5) Rearrange Utility (Menata Ulang Ide dan Gagasan), dan 6) Make It (Membuat Luaran). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model desain instruksional ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Yosowilangun, Lumajang, sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran IMTAK model Spectrum, materi Syaja’ah (berani hidup jujur) mata pelajaran PAI & BP kelas XI semester ganjil. Adapun instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian, lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa statistik deskriptif dan analisa deskriptif kualitatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...