Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Islamic Teaching

A APPLICATION OF EXAMPLE AND HABITATION METHODS IN DEVELOPING STUDENT CHARACTER IN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PROBOLINGGO

HARNANI, NUNUNG ANI (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Abstract :Pendidikan nasional Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai masalah. capaian hasil pendidikan masih belum memenuhi hasil yang diharapkan. Pembelajaran di sekolah belum mampu membentuk secara utuh pribadi lulusan yang mencerminkan karakter dan budaya bangsa. Proses pendidikan masih menitikberatkan dan memfokuskan capaiannya secara kognitif. Sementara, aspek afektif pada diri peserta didik yang merupakan bekal kuat untuk hidup di masyarakat belum dikembangkan secara optimal. Karena itu perlu ada kefokusan dalam pengembangan karakter peserta didik dengan metode keteladan dan pembiasaan. Madrasah Ibtidayah Negeri 2 Probolinggo yang merupakan Madrasah Adiwiyata yang sekarang mendelegasikan program sekolah ramah anak sangat didukung oleh keteladan dan pembiasaan yang digunakan sebagai metode pembelajaran. Karena itu penerapan metode ini dilaksanakan untuk pengembangan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis Studi Kasus Teknik Pengumpulan Data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Analisa Data menggunakan model analisis data Miles & Huberman's dan Johnny SaldaƱa yaitu kondensasi data, penyaiian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, trianggulasi tehnik dan membercheck. Hasil dari penelitian : Pertama, dengan adanya metode keteladanan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo yang terdiri dari keteladanan guru dalam disiplin waktu, penerapan 3S (salam,senyum dan sapa, perilaku guru dalam berseragam, perilaku guru sopan dalam bertingkah laku, memimpin kegiatan ibadah dengan baik dan benar, kebiasaan membuang dan memilah sampah pada tempatnya, aktivitas merawat lingkungan dengan baik dan keteladanan menyayangi sesama dapat mengembangkan karakter disiplin, bekerja keras, bertanggung jawab, toleran, rendah hati, bertanggung jawab, integritas, nasionalisme, komunikatif, religius, cinta tanah air, peduli lingkungan, gotong royong dan melakukan kebaikan. kedua, dengan adanya penerapan metode pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo yang terdiri dari pembiasaan datang ke madrasah kurang dari pukul 06.30 WIB, sholat dhuha berjamaah, membaca dan menghafal Al-quran, melaksanakan istiqosah, penerapan 3S (salam, senyum dan Sapa), cara siswa berjalan dan mengucapkan salam, upacara bendera setiap hari senin, membaca selama 15 menit sebelum pelajaran berlangsung, membuang dan memilah sampah pada tempatnya dan merawat tanaman dapat mengembangkan karakter jujur, disiplin, bertanggung jawab, integritas, religius, disiplin , bertanggung jawab, komunikatif, peduli sosial, nasionalisme, mandiri, gemar membaca, komunikatif, gotong royong, dan peduli lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...