Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Islamic Teaching

STRATEGI KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI KALONG (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAMRINATUL WILDAN BANYUWANGI TAHUN 2021)

Fahruddin, M Aris (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Strategi Kiai dalam Mengembangkan Karakter Santri Kalong di Pondok Pesantren Tamrinatul Wildan, antara lain:1) Strategi kiai dalam pengelolaan kelas adalah dengan memberi mandat penuh kepada para guru dalam mengelola kelas dengan aturan yang tidak kontradiktif dengan pesantren; dan kegiatan evaluasi sekaligus arahan kiai dilakukan dalam bentuk musyawarah bersama antar kiai dengan Dewan Pendidikan Pesantren dan para guru. 2) Strategi kiai dalam menciptakan lingkungan moral positif di pesantren adalah dengan melakukan kegiatan kepesantrenan dalam bentuk kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan; penanamanan sikap sosial melalui kerja bakti lingkungan dan mengadakan sumbangan amal sosial; dan penyusunan tata tertib guru dan santri, serta penerapan karakter baik yang dicontohkan langsung oleh kiai, dan menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung kegiatan pesantren. 3) Strategi kiai dalam membangun sinergitas antara pesantren, keluarga dan masyarakat adalah dengan Pelibatan para wali santri dan masyarakat didalam struktur kepengurusan pondok pesantren atau kepanitiaan acara insidental pesantren, serta kerja bakti bersama masyarakat; dan Pengadaan kegiatan kajian keruhaniaan yang dilakukan atau dikaji langsung oleh kiai, dan musyawarah kerja bersama para wali santri dan masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...