Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonquivalent One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan peserta didik kelas VIII B. Analisis data yang dilakukan dengan uji-t independen dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t independen untuk hasil Pretest-Posttest dengan taraf signifikan ( = 0,05) didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf siginifikan () = 0,005 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-gain pada saat pretest yakni 49,88 dan didapat rata-rata angka N-gain pada saat posttest yakni 80,51 dengan kategori tinggi, maka didapat bahwa angka kenaikan hasil belajar peserta didik saat posttest lebih tinggi dari angka kenaikan pada saat pretest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024