Teknologi dan pembelajaran jarak jauh kini menjadi aspek penting dalam pendidikan, terutama pasca-pandemi COVID-19. SMK Ma'arif adalah salah satu sekolah kejuruan yang mengintegrasikan pembelajaran jarak jauh dengan nilai-nilai Islami dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi penerapan pembelajaran jarak jauh di SMK Ma'arif Kota Batu. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen dari berbagai informan, yaitu kepala sekolah, tim IT, guru, siswa, dan orang tua. Data dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan platform pembelajaran yang tepat berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Pemanfaatan media pembelajaran yang memadukan teknologi dengan nilai-nilai Islam untuk membangun karakter siswa. Selain itu, pengembangan keterampilan guru dalam teknologi dan pedagogi Islam diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif. Strategi pengelolaan kelas yang baik berkontribusi pada terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif meskipun dilakukan secara daring. Dengan demikian, keberhasilan pembelajaran daring sangat bergantung pada sinergi antara pemilihan platform, penggunaan media yang tepat, keterampilan guru, dan strategi pengelolaan kelas yang efektif.
Copyrights © 2025