Keberhasilan pendidik dan personel dalam lembaga pendidikan merupakan penentu penting prestasi akademik. Pendidik kaliber tinggi dan staf pendukung yang mahir berperan penting dalam menumbuhkan suasana belajar yang kondusif. Faktor penting yang mendorong pertumbuhan profesional pendidik adalah motivasi mereka di tempat kerja, yang dapat ditingkatkan melalui inisiatif pelatihan yang ditargetkan. Program pelatihan yang disesuaikan dengan persyaratan khusus pendidik dapat menambah basis pengetahuan, keahlian, dan disposisi etika mereka, yang kemudian mempengaruhi efektivitas pedagogis mereka. Upaya penelitian ini berusaha untuk menyelidiki (1) dampak program pelatihan terhadap kinerja pendidik di Lazuardi Global Compassion School, (2) pengaruh program pelatihan terhadap tingkat motivasi pendidik, (3) hubungan antara motivasi kerja dan kinerja pendidik, dan (4) peran program pelatihan dalam mempengaruhi kinerja pendidik melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif, dengan sampel yang terdiri dari 86 peserta, termasuk semua pendidik dari Lazuardi Global Compassion School, Depok, yang mencakup divisi TK, SD, dan SMP, yang terlibat pada tahun akademik 2024/2025, menggunakan teknik sampling jenuh. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) program pelatihan menghasilkan hasil positif, meskipun tanpa dampak yang signifikan secara statistik pada kinerja pendidik, (2) program pelatihan secara signifikan dan positif mempengaruhi motivasi kerja pendidik, (3) motivasi kerja menunjukkan korelasi positif dan signifikan secara statistik dengan kinerja pendidik, dan (4) program pelatihan memengaruhi kinerja pendidik melalui variabel mediasi motivasi kerja.
Copyrights © 2025