Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)

KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH INFORMATION QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI RUANG GURU DI YOGYAKARTA

Nafis, Muhammad (Unknown)
Wisnalmawati, Wisnalmawati (Unknown)
TriAstuti, Widhy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

ABSTRAKTujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pelanggan.  Kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas informasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Metode: Penelitian ini menguji pengaruh kualitas informasi terhadap loyalitas pelanggan. Sampel diambil dari konsumen di ruang guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan aksidental yaitu menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang bertemu di grup WhatsApp. Data diuji dengan variabel kualitas informasi, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan. Data dianalisis menggunakan Structural Equational Model (SEM) dengan teknik Partial Lease Square (Smart PLS). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.  Kualitas informasi mempengaruhi loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Kebaruan: Kebaruan dari penelitian ini adalah kepuasan pelanggan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di ruang guru.  Implikasi teori – Temuan penelitian ini dapat berkontribusi pada model perilaku konsumen, Implikasi praktis Kualitas informasi strategi Menyusun, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dan tugas Tripple. Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta ...