Innovation, Theory & Practice Management Journal
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari: Innovation, Theory & Practice Management Journal

Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Motivasi dan Pembelajaran Organisasi dengan Perilaku Kerja Inovatif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kantor Kecamatan Pemalang)

Legiman (Unknown)
Darmanto, Susetyo (Unknown)
Widayati, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi berprestasi dan pembelajaran organisasi terhadap kinerja pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perilaku kerja inovatif pada pegawai Kecamatan Pemalang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Kecamatan Pemalang yang berjumlah 93 pegawai. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau sampel jenuh, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 93 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, pembelajaran organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif, pembelajaran organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Perilaku kerja inovatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa perilaku kerja inovatif dapat memediasi pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja pegawai, dan perilaku kerja inovatif dapat memediasi pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kinerja pegawai.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitpm

Publisher

Subject

Physics Social Sciences

Description

Learning : consisting of theoretical and empirical research studies on learning of science. We invite manuscripts that investigate learning and its change and growth from various lenses, including psychological, social, cognitive, sociohistorical, and affective. Studies examining the relationship of ...