Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 8, No 1 (2025)

Pendidikan Islam dan Matematika: Persepsi Siswa Madrasah pada Soal Integrasi

Imamuddin, M. (Unknown)
Isnaniah, Isnaniah (Unknown)
Hadini, Hadini (Unknown)
M., Zaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap soal matematika terintegrasi Islam. Penelitian ini berjenis penelitian studi kasus, dengan pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX MTs N 2 Bukittinggi. Subjek diambil secara purposif yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket. Angket berisikan pernyataan terkait soal integrasi dan penilaian menggunakan skala Likert. Analisis dilakukan dengan statistik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian persepsi siswa pada soal integrasi: 58,4% siswa menyatakan pembelajaran menarik, 91,7% menilai menyenangkan, 50% termotivasi, dan 75% berpersepsi pembelajaran yang baru. Sebanyak 58,4% siswa menyatakan penggunaan soal integrasi lebih menarik, 58,4% siswa menyatakan pendidikan Islam tidak lepas dari matematika, dan 58,4% siswa berharap kepada guru untuk pembelajaran matematika dilaksanakan dengan integrasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, pembelajaran integrasi Islam dan matematika dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Disarankan kepada para guru dan dosen matematika untuk melaksanakan pembelajaran integrasi di kelas-kelas matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...