Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 3, No 1 (2025)

Nilai-Nilai Moral Pancasila Sebagai Landasan Penggunaan Media Sosial

Margaret Julianty Silaban, Putri Sari (Universitas Negeri Medan)
Khalisa Hrp, Azzuhratul (Universitas Negeri Medan)
Br Sinuhaji, Veronika (Universitas Negeri Medan)
Tinambunan, Gio (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh media sosial yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern, memberikan berbagai kemudahan dalam komunikasi, akses informasi, serta interaksi sosial. Namun, di balik manfaatnya, media sosial juga membawa tantangan, terutama terkait etika dan nilai moral. Maraknya penyebaran hoaks, ujaran kebencian, serta konten negatif menunjukkan kurangnya penerapan nilai-nilai moral dalam dunia digital. Sebagai dasar ideologi bangsa, Pancasila memiliki peran penting dalam membimbing perilaku masyarakat, termasuk dalam penggunaan media sosial.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisis relevansi nilai-nilai Pancasila dalam interaksi di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip Pancasila, seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan, serta Keadilan Sosial, dapat menjadi pedoman dalam menciptakan ruang digital yang lebih etis, harmonis, dan produktif. Edukasi yang berkelanjutan serta kesadaran kolektif menjadi faktor kunci dalam mewujudkan ekosistem media sosial yang bertanggung jawab dan mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...