Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VI SD Negeri 004 Toapaya selama semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan asesmen untuk mengumpulkan data terkait motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi. Data tambahan berupa dokumen tulisan dan visual juga dikumpulkan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi perbedaan motivasi belajar antara tes awal dan akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dan tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus pertama, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas 6 meningkat dari 58,3% menjadi 79,16%, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 96%. Selain itu, terdapat peningkatan pada aspek kreativitas dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran yang bervariasi dan interaktif mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pentingnya penyesuaian bahan ajar dengan kurikulum, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, peran guru sebagai pembimbing, serta kerjasama antara guru, kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Copyrights © 2024