Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 9, No 2 (2024)

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ENERGI LISTRIK MELALUI METODE DEMONTRASI DAN TANYA JAWAB SERTA PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VI

Dewi, Rosmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VI SD Negeri 004 Toapaya selama semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan asesmen untuk mengumpulkan data terkait motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi. Data tambahan berupa dokumen tulisan dan visual juga dikumpulkan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi perbedaan motivasi belajar antara tes awal dan akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dan tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus pertama, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas 6 meningkat dari 58,3% menjadi 79,16%, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 96%. Selain itu, terdapat peningkatan pada aspek kreativitas dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran yang bervariasi dan interaktif mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pentingnya penyesuaian bahan ajar dengan kurikulum, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, peran guru sebagai pembimbing, serta kerjasama antara guru, kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...