Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 9, No 1 (2024)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MENYUSUN KATA MENJADI SIMPLE SENTENCE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS VII.A SMP NEGERI 3 BINTAN

Ningsih, Meidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Masalah utama yang diangkat dan diselesaikan melalui penelitian tindakan kelas ini adalah kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang masih sulit dipahami oleh siswa, karena belum mencerminkan karakteristik pembelajaran bahasa Inggris yang baik. Khususnya dalam kegiatan belajar menyusun kata menjadi kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran, masih ditemukan beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis. Beberapa siswa menulis tanpa menggunakan pola kalimat dan ejaan yang benar dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada juga siswa yang menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dalam kalimat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes tertulis dan observasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP Negeri 3 Bintan selama tiga bulan, dari Januari hingga Maret 2018. Data penelitian dianalisis dengan metode tindakan kelas, yaitu membandingkan nilai rata-rata sebelum penelitian dengan Siklus 1 dan Siklus 2. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 3 Bintan, yang berlokasi di Jalan Nusantara km.18 Kijang, dengan subjek penelitian siswa kelas VII A tahun ajaran 2017/2018 semester 2. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 31 siswa, terdiri dari 19 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain meningkatkan keaktifan siswa, model pembelajaran Make a Match juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyusun kata menjadi kalimat sederhana. Hal ini terlihat dari peningkatan yang signifikan antara Siklus 1 dan Siklus 2. Sebelum tindakan dilakukan, jumlah siswa yang mencapai skor ketuntasan hanya 54,68%. Setelah tindakan dalam Siklus 1, ketuntasan meningkat menjadi 70,97%, dan pada Siklus 2, ketuntasan naik menjadi 90,32%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...