Kemampuan memahami konsep dan pengetahuan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika bervariasi dari satu siswa ke siswa lainnya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan cara siswa dalam memproses dan memahami informasi atau pelajaran yang diberikan oleh guru, karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Dengan mengenali gaya belajar yang dominan, setiap individu dapat menentukan cara belajar yang lebih efektif bagi dirinya sendiri. Dengan demikian, setiap individu dapat memanfaatkan kemampuan belajarnya secara maksimal, sehingga hasil belajar yang diperoleh juga lebih optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural siswa dinilai berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X SMA Santun Untan Pontianak yang telah menerima materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) sebagai responden atau subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan tiga teknik, yaitu teknik pengukuran, wawancara, dan kuesioner. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa "Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Belajar di SMA Santun Untan Pontianak" menunjukkan bahwa pemahaman konseptual setiap gaya belajar relatif berbeda, sedangkan pengetahuan prosedural cenderung sama.
Copyrights © 2024