Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 9, No 2 (2024)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DI KELAS III SD 007 TELUK SEBONG

Wartini, Wartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Harapan dan kebanggaan seorang guru adalah apabila materi yang disajikan dapat dikuasai sempurna oleh peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menggunakan Metode Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS  di kelas III SD Negeri 007 Teluk Sebong. Hal ini dikarenakan, dalam Metode Snowball Throwing, terdapat unsur bermain di dalamnya (learning by doing and playing). Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil ulangan tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belsjar IPS melalui penggunaan metode Snowball Throwing di kelas III SDN 007 Teluk Sebong TP 2018-2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Teluk sebong Kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan. Adapun instrumen yang digunakan adalah hasil ujian atau ulangan yang dilaksanakan dalam pembelajaran IPS. Data-data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif sebagai acuan dalam menarik kesimpulan. Penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu observasi, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dengan metode Snowball Throwing pembelajaran akan lebih bermakna dan tahan lama; (2) Metode Snowball Throwing   terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pebelajaran IPS; (3) Dengan menggunakan metode yang efektif maka pembelajaran akan lebih menyenangkan dan lebih memudahkan anak; (4) Perbaikan pembelajaran sangat diperlukan guna peningkatan kuanlitas pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...