Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 9, No 1 (2024)

PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PAI PADA SISWA SMP

Rohmatin, Rohmatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam berbagai jenis salat sunnah yang diterapkan melalui model pembelajaran Make a Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi aktivitas siswa dan guru, serta catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui observasi aktivitas siswa dan guru yang dilakukan dalam dua siklus oleh pengamat dalam bentuk catatan lapangan. Rata-rata skor dari seluruh aktivitas fisik, mental, dan emosional siswa menunjukkan peningkatan sebesar 29,16%, dari rata-rata skor siklus I sebesar 60,41% menjadi 89,58% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena peran guru sebagai peneliti dalam mengatasi kelemahan dan kekurangan pada siklus I, serta komitmen belajar siswa yang semakin meningkat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...