Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 9, No 1 (2024)

PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN INTERNASIONAL DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SEGEDONG

Ridayana, Ridayana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam berbagai jenis salat sunnah dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi aktivitas siswa dan guru, serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan melalui observasi aktivitas siswa dan guru yang dilakukan dalam dua siklus oleh pengamat dalam bentuk catatan lapangan. Rata-rata skor dari seluruh aspek aktivitas fisik, mental, dan emosional siswa menunjukkan peningkatan sebesar 29,16%, dari rata-rata skor siklus I sebesar 60,41% menjadi 89,58% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena peran guru sebagai peneliti dalam mengatasi kelemahan dan kekurangan yang terjadi pada siklus I, serta meningkatnya komitmen belajar siswa yang menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...