Penggunaan media sosial yang seharusnya ada kontrol dari orangtua bahwa anak yang belum cukup umur tidak boleh mengakses segala hal yang ada di media sosial. Sayangnya telah terjadi pengabaian kontrol penggunaan media sosial oleh anak sehingga terjadi kerusakan mental dan akhlak anak karena meniru hal negatif yang ada di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keefektivan metode yang dapat digunakan dalam memperbaiki kerusakan mental dan akhlak tersebut harus tepat karena ditemukan permasalahan terkait keefektivan metode, untuk itu penelitian ini difokuskan pada metode syair lagu tombo ati dalam memperbaiki Mental dan Akhlak Peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian kualtitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi berupa angket yang akan dibagikan kepada siswa,. Hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa dari data kuisioner dan 10 responden siswa-siswi TPQ Desa KarangKiring Kebomas Gresik mereka setuju metode syair tombo ati ini dapat memperbaiki mental dan akhlak mereka, hasil wawancara dari pendiri tpq mengatakan bahwa metode ini efektif dalam memperbaiki mental dan akhlak siswa karena terdapat nilai akhlak didalamnya dan juga anak anak suka menyanyi, hal itu dibuktikan juga dengan perubahan mental dan akhlak anak dari emosi ketika dibully sebanyak (80%) setuju dan tidak percaya diri sebanyak (50%) menjadi (70%) bersabar saat dibully dan (70%) menjadi percaya diri. The use of social media should have control from parents that children who are not old enough should not access everything on social media. Unfortunately, there has been a neglect of control over the use of social media by children, resulting in mental and moral damage to children due to imitating negative things on social media. This study aims to describe the effectiveness of methods that can be used in repairing mental and moral damage must be appropriate because problems are found related to the effectiveness of the method, for this reason this research is focused on the method of tombo ati song verses in repairing Mental and Moral Learners. This research includes qualitative research, with a case study approach. The data collection techniques used are interviews, observations and documentation in the form of questionnaires that will be distributed to students. The results of this study can be revealed that from the questionnaire data and 10 respondents of TPQ students of KarangKiring Village Kebomas Gresik they agree that this tombo ati verse method can improve their mentality and morals, the results of interviews from the founder of tpq say that this method is effective in improving the mentality and morals of students because there are moral values in it and also children like to sing, it is also evidenced by changes in the mentality and morals of children from emotions when bullied as much as (80%) agree and not confident as much as (50%) to (70%) be patient when bullied and (70%) become confident..
Copyrights © 2024