Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2025): VOL 5 NO 1

ANALISIS KESULITAN PENYELESAIAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PENYAJIAN DATA KELAS V SD 3 MLATI LOR

Amelia, Nasywa Azka (Unknown)
lifah, Muzda (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis atau mengidentifikasi kesulitan siswa dalam mengerjakan penyelesaian pemecahan masalah pada materi penyajian data kelas V SD 03 Mlati Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu 4 siswa kelas V SD 3 Mlati Lor. Teknik pengambilan subjek yang diambil adalah teknik purposive dengan sumber data diperoleh dari pengamatan lapangan, wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Pelaksanaan wawancara dilaksanakan denganĀ  siswa kelas V SD 3 Mlati Lor yang merupakan informan utama. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif berdasarkan konsep yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman. Dari data diatas ditemukan bahwa empat siswa kelas V di SD 3 Mlati Lor memiliki berbagai macam kesulitan yang berbeda pada setiap anak diantaranya tiga siswa yang menghadapi kesulitan menyelesaikan masalah dan satu siswa yang tidak menghadapi kesulitan dalam mengerjakan penyelesaian masalah terutama pada materi penyajian data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...