Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Heuristik Vee berbantuan PhET yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar fisika peserta didik; (2) Mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah melalui proses pembelajaran menggunakan strategi belajar Heuristik Vee. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4D. Produk yang dikembangkan berupa LKPD berorientasi heurisik vee berbantuan PhET. Pengumpulan kelayakan dilakukan dengan angket validasi oleh validator ahli dosen Pendidikan Fisika dan validator praktisi guru fisika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pakem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan LKPD berorientasi Heuristik Vee berbantuan PhET yang baik dan layak untuk digunakan. (2) LKPD berorientasi Heuristik Vee berbantuan PhET meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan jumlah nilai sumbangan efektif sebesar 80,9% dan sebesar 83,6% terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik yang keduannya termasuk kedalam kategori besar.
Copyrights © 2025