Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2024): September-December 2024

System Literature Review: Peran Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Melatih Keterampilan Higher Order Thinking Skills

Prastiko Arthana, Marcel (Unknown)
Agustini, Ketut (Unknown)
Sudatha, I Gede Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Media pembelajaran interaktif merupakan sebuah sarana belajar dalam menerima informasi berupa pengetahuan atau sebuah peristiwa. Saat ini media tidak hanya dinilai pada sisi isi dari media tersebut, melainkan bagaimana media tersebut menyampaikan sebuah informasi dengan baik. Salah satu penyampaian informasi dengan baik adalah dengan mengedepankan sisi pengalaman pengguna. Media saat ini perlu penilaian atau feedback untuk mengukur keberhasilan dalam menyampaikan atau menyajikan informasi dengan menarik dan interaktif. Oleh karena itu perlu ada pernyataan yang menyebutkan bahwa salah satu media unggul dibandingkan dengan media lainnya. Dalam tren abad 21 media AR, VR, Articulate Storyline, E-Modul, Unreal Engine, Construct 2 & 3, Website adalah rata-rata media yang digunakan saat ini. Media ini memiliki keunggulannya masing-masing, namun setiap media juga memiliki kekurangan. Tren abad 21 juga membawa integrasi belajar berupa HOTS (High Order Thingking Skills) Dalam penelitian ini akan membahas dan memberikan pertanyaan media yang paling efektif diintegrasikan dengan HOTS dan layak digunakan dalam melatih keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini juga untuk menjawab berdasarkan studi literatur bahwa media tertentu memang sangat unggul, dan layak untuk digunakan. Adapun metode yang digunakan adalah menggunakan PRISMA. Berdasarkan hasil System Literature Review bahwa media AR, VR, dan website memiliki jawaban paling tinggi dalam menjawab keberhasilan dalam mengintegrasikan HOTS dan menyampaikan dalam bentuk aktivitas pembelajaran berdasarkan media pembelajarna interaktif. Kemudian jenis penelitian research and development mendapatkan posisi terbanyak dalam temuan karena jenis tersebut menghasilkan dominan penelitian pengembangan, yang dimana media yang dikembangkan sebagaian besar membentuk pola belajar yang setara dengan HOTS. Adapun jenjang pendidikan diklasifikasikan dalam bentuk penggunaan media.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...