Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Cognitive Developmental Jean Piaget dalam Pembelajarannya

Mubarak, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana teori Jean Piaget dalam penerapan pembelajarannya. Penelitian ini fokus pada pembentukan proses aktivitas belajar dari teorinya Piaget yang disebut Cognitive Developmental. Penelitian ini menggunakan teknik metode library research, yaitu studi kepustakaan. Metode kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membaca buku-buku, jurnal, majalah, kitab dan sejenisnya dengan sumber data lainnya dalam perpustakaan. Sedangkan hasil penemuan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan teori Jean Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dan fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Dalam teori ini juga disebutkan bahwa teori belajar yang berasal dari aliran psikologi kognitif ini menelaah bagaimana orang berpikir, mempelajari konsep dan menyelesaikan masalah. Hal yang menjadi pembahasan sehubungan dengan teori belajar ini adalah tentang jenis pengetahuan dan memori. Kemudian dalam Psikologi pembelajaran kognitif mengatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada diluar dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri. Faktor-faktor internal itu berupa kemampuan atau potensi yang berfungsi untuk mengenal dunia luar, dan dengan pengenalan itu manusia mampu memberikan respon terhadap stimulus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...