Maharah kitabah merupakan suatu proses yang menghasilkan sebuah kata dari huruf perhuruf dengan tulisan yang jelas, tanpa adanya suatu kesalahan atau tambahan dalam penulisan kata yang asli, hal ini agar penulisan bahasa Arab tetap pada norma-norma yang diakui oleh penutur asli. Pembelajaran maharah kitabah pun menggunakan metode pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan optimal salah satunya menggunakan metode Project Based Learning yang bertujuan agar peserta didik dapat aktif dan kreatif ketika pembelajaran berlangsung. Namun di setiap pembelajaran tak luput dari kendala yang dihadapi maka, Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan data yang di peroleh berdasarkan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan di kelas 2 namun peneliti hanya memfokuskan kepada enam peserta didik untuk mendapatkan hasil yang akurat. Hasil dan pembahasan yang telah diperoleh pada kendala pembelajaran maharah kitabah menggunakan metode Project Based Learning adalah kendala yang dialami oleh guru yaitu kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung prosesnya pembelajaran, dan kendala yang dialami oleh peserta didikĀ  yaitu saat ingin menulis huruf hijaiyah peserta didik mengalami kesulitan atau terkadang tidak mengingat huruf yang bisa disambung atau di sambung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025