Permasalahan dalam penelitian ini nilai peserta didik yang rendah, Penggunaan media papan ekonomi agar meningkatkan hasil belajar pada materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam kegiatan ekonomi peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2024/2025, yang melatar belakangi penelitian ini ialah guru tidak memakai media dalam membimbing, pembelajaran masih satu arah, dimana guru mendominasi saat pelajaran belangsung maka peserta didik menjadi tidak sungguh-sugnguh dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media papan ekonomi dalam pembelajaran materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam kegiatan ekonomi serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Mojorayung 01. Metode penelitian yang dijalankan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK).  Sumber data yang digunakan ialah peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dengan jumlah peserta didik 24. Observasi dilaksanakan bertujuan untuk memaparkan cara memajukan hasil belajar pada materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 27 Mei 2024 dan Siklus II dilakukan pada tanggal 3 Juni 2024. Dampak pembelajaran peserta didik pada siklus I hanya 22 Peserta didik (92%) yang menghasilkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II melambung menjadi 24 siswa (100%) hasil penelitian meningkat. Kesimpulan hasil penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan media papan ekonomi mampu memajukan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 pada tema pemanfaatan lingkungan sekitar dalam kegiatan ekonomi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025