Metode cerdas cermat merupakan alat evaluasi yang tepat dalam mengasah pencapaian hafalan peserta didik. Terbukti metode ini berhasil memberikan hasil belajar yang seru dan menyenangkan. Pelajaran tahfizh jika menggunakan metode yang monoton, pastinya membuat peserta didik menjadi jenuh dan mengantuk, karena itu peneliti tertarik untuk memperkenalkan metode cerdas cermat agar peserta didik tetap bisa menghafal dan mengulang hafalan dengan cara yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan dan antusias mereka selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga hasil yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat lima pembahasan yakni alasan guru pengampu memilih metode cerdas cermat dalam pembelajaran tahfizh, respon peserta didik terhadap metode cerdas cermat, tantangan yang dihadapi dalam metode cerdas cermat, manfaat metode cerdas cermat, dan cara pelaksanaan permainan cerdas cermat pada pembelajaran tahfizh. Metode ini memiliki potensi besar terhadap hasil belajar peserta didik meskipun dalam metode ini ditemukan berbagai macam tantangan, permasalahan tersebut masih bisa teratasi dengan baik.
Copyrights © 2025