Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Salah Satu SDI TQ Karawang

Laela, Dafa Febra (Unknown)
Basuki, Danang Dwi (Unknown)
Subandriyo, Subandriyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2025

Abstract

Saat ini guru di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi salah satu nya dalam penggunaan media pembelajaran agar lebih bervariasi sehingga peserta didik lebih aktif dan pembelajaran bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses dan respon peserta didik dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) cukup baik diterapkan untuk peserta didik agar melatih kreativitas dalam mendesain poster secara mendiri. Kemudian, respon peserta didik dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V yaitu peserta didik senang dan antusias dengan aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS, lebih paham apabila guru menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), peserta didik mendapatkan manfaat dengan pemanfaatan aplikasi Canva dengan membuat poster sendiri, dan peserta didik tidak merasa bosan apabila guru menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...