Sanskara Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 No. 02 (2025): Sanskara Manajemen dan Bisnis (SMB)

Tinjauan Bibliometrik tentang Social Commerce: Tren dan Arah Penelitian dalam E-commerce

Judijanto, Loso (Unknown)
Juniansyah, M. Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Social commerce telah menjadi tren signifikan dalam evolusi e-commerce, mengintegrasikan interaksi media sosial dengan pengalaman berbelanja online. Studi ini menggunakan analisis bibliometrik untuk meneliti tren penelitian, tema utama, dan kolaborasi dalam social commerce. Dengan menggunakan data secara eksklusif dari Scopus dan dianalisis melalui VOSviewer, studi ini mengidentifikasi klaster penelitian utama, termasuk kepercayaan dan niat membeli, keterlibatan pelanggan, serta peran kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan live streaming. Hasil temuan menunjukkan bahwa sementara negara maju seperti Amerika Serikat, China, dan Inggris mendominasi output penelitian, negara berkembang di Asia, termasuk Malaysia dan Indonesia, juga turut berkontribusi secara aktif. Meskipun terdapat peluang dalam pengalaman belanja yang dipersonalisasi dan penerapan blockchain, tantangan seperti keamanan data dan misinformasi tetap menjadi perhatian utama. Penelitian di masa depan perlu berfokus pada inovasi teknologi, implikasi etis, serta dampak berkelanjutan dari social commerce terhadap ekonomi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

smb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Sanskara Manajemen dan Bisnis dengan nomor registrasi ISSN 2963-024X (Online) dan ISSN 2985-7783 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Manajemen dan Bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Maret-Juni, Juli-Oktober, dan ...