Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) project-based learning (PjBL) pada materi “Indahnya Keragaman Di Negeriku” yang valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan berpikir kritis. Model pengembangan LKPD yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan produk (development), implementasi (implementation), evaluasi hasil pengujian (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri di Kabupaten Majalengka. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek validitas LKPD ini adalah lembar penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Untuk mengukur aspek kepraktisan menggunakan tanggapan guru mata pelajaran IPS dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD PjBL layak untuk digunakan sebagai bahan ajar didasarkan skor penilaian ahli materi sebesar 80% (cukup valid), skor penilaian ahli media sebesar 94% (sangat valid), dan skor penilaian ahli bahasa sebesar 68% (cukup valid). Pada uji coba kelompok kecil persentase kepraktisan guru sebesar 91,75% (sangat praktis), pada uji coba lapangan sebesar 91,87% (sangat praktis). Respon pendidik sebesar 93,3% (sangat menarik). LKPD PjBL ini direkomendasikan untuk dikembangkan dalam bentuk digital (elektronik) yang membantu siswa memahami pelajaran dari sumber digital ataupun kecerdasan buatan.
Copyrights © 2025