Penilaian kinerja menjadi landasan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan SDM, dimana aktivitas pelatihan diselenggarakan berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan. Program pendidikan dan pelatihan memiliki sasaran utama yakni membuka peluang bagi pegawai untuk memperkuat kompetensi serta keahlian mereka, khususnya terkait aspek kepemimpinan dan kemampuan manajerial yang dibutuhkan guna mewujudkan tujuan organisasi. Kegiatan pengembangan SDM merupakan serangkaian usaha peningkatan kapabilitas melalui perencanaan pendidikan, pelatihan serta pengelolaan SDM yang tepat agar memperoleh capaian optimal sesuai tujuan organisasi. Pembahasan tulisan ini berfokus pada analisis strategi pendidikanl dan pelatihanl dalam rangkal pengembangan pegawail yang diterapkan di Kementerian Sosial RI. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi strategi pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengembangan pegawai di Kementerianl Sosial lRI. Penelitianl ini mengaplikasikan metodel penelitian kualitatifl yang menghasilkan datal bersifat deskriptif melalui observasi tulisan, ucapan, serta perilaku subjek yang diamati. Tahapan analisis data penelitian berbasis studi literatur mencakup rangkaian aktivitas yangl berhubungan denganl metode pengumpulanl data kepustakaan, proses lpembacaan, pencatatan, danl pengolahan bahanl penelitian. Upaya pengembangan SDM bisa diwujudkan melalui berbagai strategi, salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan. Program pelatihan merupakan kegiatan pendidikan berjangka singkat yang menerapkan prosedur terstruktur dan tersistem, dimana tiap pegawai dibekali pemahaman dan keahlian teknikal guna mencapai tujuan spesifik yang telah ditetapkan
Copyrights © 2025