COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 11 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Profile Matching dalam Menentukan Kelayakan Lokasi Pemasaran Produk Layanan Internet

Siregar, Kurrota Akyun (Unknown)
Panjaitan, Erwin Setiawan (Unknown)
Nurjanah , Sofiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

PT Adidaya Infocom Lestari menghadapi tantangan dalam menentukan lokasi pemasaran yang optimal untuk produk layanan internetnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pendukung keputusan (SPK) menggunakan metode Profile Matching untuk mengatasi masalah tersebut. Metode ini dipilih karena kemampuannya membandingkan profil ideal lokasi dengan profil lokasi aktual berdasarkan kriteria yang ditentukan perusahaan. Penelitian melibatkan identifikasi faktor-faktor penting dalam pemilihan lokasi, seperti demografi, potensi pasar, dan faktor lingkungan bisnis. Kemudian, SPK dibangun dengan menerapkan metode Profile Matching untuk mengevaluasi dan meranking lokasi-lokasi potensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK berhasil mengidentifikasi lokasi-lokasi pemasaran yang paling layak. Implementasi SPK ini juga meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengambilan keputusan perusahaan terkait lokasi pemasaran. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan alokasi sumber daya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...