COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 11 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Peran Media Sosial dalam Pembentukan Opini Publik dan Pola Partisipasi Politik Generasi Milenial

Adiwibowo, Bugi Satrio (Unknown)
Larasati, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media dalam membentuk persepsi publik mengenai isu-isu politik. Berbagai jenis media, termasuk media cetak, elektronik, dan digital, memiliki peran penting dalam membentuk opini publik serta mempengaruhi sudut pandang individu terhadap isu-isu politik. Di tengah perkembangan era digital, media sosial dan platform berita daring menjadi sumber utama informasi masyarakat, yang secara signifikan dapat mempengaruhi persepsi dan sikap terhadap isu politik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penelitian ini mengadopsi metode survei dan analisis konten pada pemberitaan isu politik tertentu untuk mengetahui sejauh mana media mempengaruhi persepsi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemberitaan dan pengaturan sudut pandang dalam media dapat mengarahkan opini publik dan membentuk persepsi yang cenderung bias terhadap suatu isu. Selain itu, kepercayaan terhadap sumber informasi juga memengaruhi sejauh mana dampak media terhadap persepsi politik publik. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi media yang lebih kritis di masyarakat dan menyadarkan pentingnya peran media dalam sistem demokrasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...