JURNAL PENA EDUKASI
Vol 12, No 1 (2025): April 2025

MODIF (Modul Digital Flipbook) Berbasis Multi Representasi untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Gerak Lurus

Tiaroh, Tiaroh (Unknown)
Haryadi, Rudi (Unknown)
Oktarisa, Yuvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Abstract: This research was motivated because many students still struggle with reading graphic or pictorial questions. In addition, the low scientific literacy, according to the PISA score, is also the background of this research. This study aimed to determine the level of feasibility, practicality and effectiveness of the digital flipbook module based on multi-representation to improve the scientific literacy skills of grade XI students in straight motion material. This R&D research uses the ADDIE model. This research was completed with a final percentage result of 80.9%, which was categorized as feasible. This research was conducted through five stages: analysis, design, and development. Implementation and evaluation. The validation of material experts obtained results of 81.8% with a very feasible category, media validation of 84.1% with a very feasible category, validation of question instruments of 78.7% with a viable category, N-Gain of 84.5% with a very effective category, and student responses of 75.6% with a practical category.Keywords: module; multi-representation; scientific literacy. Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya peserta didik yang masih kesulitan saat membaca soal grafik maupun bergambar. Selain itu, rendahnya literasi sains menurut skor PISA juga menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Tingkat kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari modul digital flipbook berbasis multi representasi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI pada materi gerak lurus. Metode pada penelitian ini menggunakan desain R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini telah selesai dikembangkan dengan hasil akhir persentase rata-rata sebesar 80,9% yang dikategorikan layak. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan. Implementasi, dan evaluasi. Persentase uji kelayakan diperoleh hasil sebesar 81,8% dengan kategori sangat layak, validasi media sebesar 84,1% dengan kategori sangat layak, validasi instrumen soal sebesar 78,7% dengan kategori layak, persentase keefektifan berdasarkan skor N-Gain sebesar 84,5% dengan kategori sangat efektif, dan persentase kepraktisan dari hasil respon siswa sebesar 75,6% dengan kategori praktis.Kata kunci: literasi sains; modul; multi representasi. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan. ...