Pemberdayaan masyarakat melalui kampanye literasi dan pendidikan menjadi salah satu strategi penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di daerah terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kampanye literasi dan pendidikan yang dilaksanakan di Desa Malanuza, yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi, baik dalam membaca, menulis, maupun literasi digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kampanye ini berhasil meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan literasi, memperluas akses terhadap bahan bacaan, dan meningkatkan keterampilan literasi digital. Selain itu, program ini juga memperkuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya literasi untuk memperbaiki kualitas hidup dan mengakses informasi yang lebih luas. Indikator keberhasilan program terlihat dari meningkatnya minat baca siswa, kemampuan menulis kreatif peserta, serta penguasaan dasar literasi digital. Melalui sosialisasi dan kampanye ini, masyarakat Desa Malanuza diharapkan dapat lebih berdaya dalam menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan pendidikan di era digital. Dengan demikian, kampanye literasi ini dapat menjadi model bagi daerah lainnya dalam rangka pemberdayaan masyarakat berbasis literasi
Copyrights © 2025