Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-ilmu Sosial
Vol. 5 No. 4 (2025)

STUDI LITERATUR PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA MELALUI PENDEKATAN TARL PADA PEMBELAJARAN IPA

Anggraeni, Pratika Desy (Unknown)
Habiddin, Habiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Keterampilan abad ke-21 diperlukan guna menghadapi tantangan kehidupan saat ini, diantaranya keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Keterampilan dasar komunikasi dibutuhkan untuk pembelajaran IPA, yang mana siswa senantiasa diajak untuk memecahkan masalah di lingkungan sekitarnya melalui diskusi. Akan tetapi, keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran IPA tergolong rendah. Pengaruhnya pada keterampilan kolaborasinya. Guru perlu menciptakan pembelajaran menyesuaikan pada kebutuhan siswa. Hal ini menantang guru dapat menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai. Pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa yakni Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peningkatan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa melalui pendekatan TaRL pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan yakni studi literatur. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis untuk menjelaskan dampak dari penerapan pendekatan TaRL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian dari berbagai literatur menunjukkan bahwa pendekatan TaRL yang dipadukan dengan berbagai model dan pendekatan pembelajaran lain efektif meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fis

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) is a journal focused on articles of research and community service in social sciences and humanities such as civics, laws, history, economics, sociology, geography, anthropology, politics, culture, religion, and also educational ...