Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 3, No 1 (2024): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Problem Solving terhadap Peningkatan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI di MI Attarbiyah Addiniyah Gersik

Hadi, Syamsul (Unknown)
Kartiani, Baiq Sarlita (Unknown)
Handayani, Monika (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Pendidik harus lebih memahami berbagai karakteristik siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya bidang studi IPS terpadu. Oleh karena itu pendidik dapat mengubah cara mengajar untuk meningkatakan prestasi belajar siswa dengan cara menggunakan metode solusi atau Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Problem Solving Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas V di MI Attarbiyah Addiniyah Gersik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Attarbiyah Addiniyah Gersik yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari Va sebanyak 20 siswa dan Vb sebanyak 20 siswa, dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Uji hipotesis ini akan dilakukan dengan bantuan SPSS 21 menggunakan rumus Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Problem Solving Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas V di MI Attarbiyah Addiniyah Gersik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...