Jambura Journal of Educational Management
Volume 6 Nomor 1, Maret 2025

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak

Nur Iman, Irfan (Unknown)
Hasan, Hasan (Unknown)
Ansar, Ansar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak di Sekolah Dasar Al-Qur’an Wahda Islamiyah 02 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak, dan faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak di Sekolah Dasar Wahda Islamiyah 02 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak di Sekolah Dasar Al-Qur’an Wahda Islamiyah 02 Makassar diterapkan melalui tiga aspek utama : (1) pendidikan karakter pada pembelajaran seperti memberikan taujihat/ motivasi agama sebelum dan sesudah pembelajaran, mengaitkan nilai-nilai karakter dengan mata pelajaran, memberikan teladan dan memberikan reward. (2) pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu mengaitkan nilai-nilai akhlak dalam ekstrakurikuler seperti jujur, disiplin, sportivitas, saling menghargai dan tanggung jawab, juga melaksanakan refleksi dan evaluasi terhadap siswa. (3) pendidikan karakter dalam pembiasaan dan pembudayaan seperti senyum, salam, sapa, sopan, santun, sholat dhuha, murajaah hafalan dan sedekah setiap jum’at. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi Pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak adalah adanya komitmen Guru, lingkungan yang kondusif, dan kemampuan guru. Sedangkan faktor penghambat adalah manajemen yang kurang baik dan pengaruh lingkungan negativ dari luar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...