Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan dari manajemen penyelenggaraan program inklusif di SD Negeri 30 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi, yakni triangulasi waktu, metode dan waktu. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyelenggaraan program inklusif dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang sudah berjalan dengan baik. hal tersebut sejalan dengan dukungan dari kepala sekolah dan Kerjasama antar guru, tenaga kependidikan, dan semua warga yang ada di sekolah. ada beberapa hal yang masih menjadi perhatian yaitu sarana prasana dan penyediaan guru pendamping khusus. namun hal tersebut tidak terlalu menganggu proses pembelajaran dikarenakan anak berkebutuhan khusus sudah dibimbing sepenuhnya oleh guru kelas yang telah mengikuti berbagai pelatihan khusus pada program pendidikan inklusif.
Copyrights © 2024